logo web

SELAMAT DAN SUKSES

Keluarga Besar Pengadilan Agama Lumajang Mengucapkan Selamat Dan Sukses Atas Dipilihnya Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.H, M.H Sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial
SELAMAT DAN SUKSES

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Pendaftaran Melalui E-court

Pendaftaran Melalui E-court Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
Pendaftaran Melalui E-court

Pencanangan Zona Integritas

pencanangan pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Lumajang. Adalah upaya untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

Aplikasi Gugatan Mandiri

Merupakan Aplikasi yang dapat diakses masyarakat Pencari Keadilan dalam mengajukan Gugatan/Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri


jadwal sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.


dirput

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.


biaya perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.


20181015034259

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.


siwas

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.


gugatan mandiri

Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri. Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan.

Kawasan ZI

RAPAT DINAS BULAN DESEMBER TAHUN 2020

131419051 1223006918093224 3361529909767166238 o

Pada hari Rabu tanggal 16 Desember 2020 tepat pukul 13.30 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB dilaksanakan Rapat Dinas di bulan Desember 2020. Rapat dinas kali ini merupakan rapat dinas penutup tahun 2020, seperti biasanya rapat dinas diadakan di Ruang Media Center dan tetap mematuhi protokol covid 19, yang mana untuk peserta rapat dinas diruang media center hanya diikuti oleh :
1. Para Hakim
2. Para Panitera Muda
3. Para Kasubbag
4. Bendahara Pengeluaran
5. Bendahara  Penerimaan
6. Notulen Rapat
7. Operator
Sedangkan untuk yang lainnya mengikuti rapat dinas secara zoom meeting di ruangannya masing-masing.

131153698 1223006941426555 696820981003826893 o
Agenda Rapat Dinas yaitu :
1. Pembinaan
2. Evaluasi Pelaksanaan Hasil Rapat Bulan Nopember 2020
3. Pengawasan,TLHP dan Laporan
4. Menu baru Website (Pembagian Tugas Pengisian Data dan DDTK)
5. Menyongsong pelaksanaan Sidang Keliling 2021
6. Laporan Kinerja Kepaniteraan
7. Laporan Kinerja Kesekretariatan
8. Lain-lain
Seperti biasa rapat dinas dibuka dan dipandu oleh Sekretaris dan dilanjutkan dengan agenda pertama yaitu : pembinaan dari Ibu Ketua Pengadilan Agama Lumajang.
Dalam pembinaannya, Ibu Ketua berpesan tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan serta juga tetap meningkatkan kinerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing baik terkait dengan penyelesaian perkara maupun terkait dengan peningkatan pelayanan kepada para pencari keadilan yang datang di Pengadilan Agama Lumajang, Ibu Ketua dalam pembinaannya juga berpesan kepada seluruh jajaran aparatur Pengadilan Agama Lumajang untuk tetap berdisiplin, disiplin bukan karena dilihat oleh pimpinan, disiplin bukan karena dapat tunjangan, disiplin bukan hanya karena jabatannya,akan tetapi disiplin yang dikakukan itu merupakan Panggilan Jiwa  / panggilan Iman karena meyakini bahwa berdisiplin adalah salah satu perbuatan yang dicintai oleh Allah.
Agenda kedua yaitu : Evaluasi pelaksanasn hasil rapat dinas bulan Nopember 2020, sudah ditindaklanjuti dan sudah dilaksanakan. Inovasi IKPP yang ada diruang PTSP telah berjalan dengan baik dan tidak ada gangguan karena telah dipasang router khusus diruang PTSP, Ibu Ketua berharap semua Inovasi yang dimiliki oleh Pengadilan Agama Lumajang tetap dijaga dan diimplementasikan, baik itu Inovasi yang digunakan untuk pemberian pelayanan prima pada para pencari keadilan atau Inovasi yang digunakan untuk intern seperti Aplikasi E-Perpustakaan, Aplikasi E-Surat ( Arsip Digital) dan Aplikasi E-Cuti,
Agenda ketiga yaitu :
Pengawasan TLHP dan Laporan, Ibu Ketua memberikan perintah kepada Bapak Wakil Ketua selaku Kordinator Hawasbid agar segera melakukan pengawasan dan membuat laporan hasil pengawasan Hakim Pengawas Bidang.
Dalam kesempatan ini Bapak Wakil Ketua menyampaikan kepada seluruh Hakim Pengawas Bidang untuk segera melakukan pengawasannya dan Bapak Wakil Ketua akan melakukan pertemuan khusus dengan para Hakim Pengawas Bidang untuk membahas tentang Pengawasan dan TLHP.
Agenda keempat yaitu :
Mengenai menu baru Website agar memenuhi surat dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor : 4060/DJA/ HM.02.3/12/2020 tanggal 08 Desember 2020  perihal : pemberlakuan Sistem Integrasi Penilaian Website Peradilan Agama .

131648350 1223006851426564 297517806973364527 o
Untuk menindaklanjuti itu Ibu.Ketua memerintahkan kepada Sekretaris agar segera menunjuk petugas dan bisa dibagi tugas dalam pengisian yang isiannya ada di Aplikasi dalam dashboard SIMTALAK ( Sistem Informasi Manajemen Ketatalaksanaan), dan diharuskan dalam.website Pengadilan Agama Lumajang sudah dapat melakukan pengimputan link pada Aplikasi tersebut.
Dalam hal ini Sekretaris telah menunjuk dua orang petugas IT yang bertanggung jawab untuk melakukan penginputan link pada aplikasi SIMTALAK baik itu yang menyangkut bidang kepaniteraan maupun  di bidang kesekretariatan.
Agenda kelima yaitu :
Menyongsong kegiatan Sidang Keliling tahun 2021, Ibu Ketua berharap Sidang Keliling bisa dimulai lebih cepat dari pada tahun-tahun sebelumnya, koordinasi harus dilakukan pada bulan Desember , sehingga   bulan Januari 2021 , sidkel sudah bisa dilaksanakan dan menerintahkan kepada Sekretaris dan Panitera untuk melakukan kordinasi dengan pihak-pihak terkait.
Agenda keenam yaitu :
Laporan kinerja. Untuk Laporan Kinerja Kepaniteraan ini, Saudara.Kholid Darmawan,S.H., selaku  Panitera Pengadilan Agama Lumajang, menyampaikan kepada Bapak Hakim, melalui Ibu Ketua Pengadilan Agama Lumajang, bahwa masih terdapat  salinan putusan yang isinya tidak sama dengan Asli Putusan, sedangkan untuk kinerja kepaniteraan terkait SIPP, Panitera berusaha semaksimal mungkin olah katena itu rapat-rapat terbatas senantiasa dilakukan untuk melakukan evaluasi dan upaya peningkatan.
Agenda ketujuh yaitu :
Laporan Kinerja Kesekretariatan, untuk laporan kinerja kesekretariatan, Saudara Achmad Chozin,S.H., selaku Sekretaris Pengadilan Agama Lumajang, terkait kinerja kesekretariatan melaporkan hasil realisasi anggaran DIPA 01 dan DIPA 04 dengan penjelasan sebagai berikut :
Untuk total anggaran keseluruhan dalam DIPA 01 sebesar Rp.8.222.571.000,- terdiri dari :
Belanja Pegawai sebesar Rp.6.725.966.000,-  telah terrealisasi sebesar
Rp. 6.552.876.438,- (97.42)
Sisa Anggaran sebesar Rp.173.089.562,- (2.58%).
Adanya sisa di Belanja Pegawai yang cukup signifikan ini, dikarenakan ada Pegawai dan Hakim yang purna tugas, juga ada 2 orang  pegawai dan 4 orang Hakim yang pindah tugas.
Belanja Barang sebesar Rp.1.471.605.000,- telah terealisasi sebesar Rp.1.470.712.715,-  (99.99%)
Sisa anggaran sebesar Rp.893.193,- (0.1 %), adanya sisa anggaran daru kelebihan pembayaran listrik, air dan telepon serta pemeliharaan peralatan dan mesin.
Belanja Modal berupa pengadaan PC Computer 2 Unit.
Sebesar Rp.25.000.000,-
Terealisasi sebesar Rp.25.000.000,- (100 %).
dari total realisasi anggaran DIPA 01 sebesar Rp.8.222.571.000,- terealisasi sebesar Rp.8.048.588.245,- (97.88%)
Sisa sebesar Rp.173.982.755,- (2,12%).
Sedangkan untuk DIPA 04 mendapatkan anggaran sebesar Rp.101.600.000,-  untuk belanja kegiatan meliputi :
- Biaya Perkara Prodeo sebesar Rp.9.000.000,-
- Biaya Sidang Keliling sebesar Rp.35.000.000,-
- Biaya Layanan Posbakum sebesar Rp.57.600.000,-
Untuk Anggaran DIPA 04 bisa terealisasi 100 %
Agenda terakhir, lain - lain tanya jawab dan setelah tanya jawab rapat dinas ditutup dan Ibu Ketua tetap berharap mudah-mudahan pada tahun 2021 bisa lebih baik dan lebih meningkatkan kinerja kita dan mudah-mudahan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2020 dapat diraih oleh  Pengadilan Agama Lumajang dan mudah-mudahan warga Pengadilan Agama Lumajang selalu diberikan kesehatan serta keselamatan oleh Allah SWT, Aamiin Allahhumma Aamiin
Selanjutnya rapat dinas selesai dan ditutup dengan bacaan Alhamdulillah.

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

 

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Lumajang

Jl. Soekarno Hatta No. 11 Lumajang

Telp: 0334-8780051
Telp: 0334-8781874

Email  :
@This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Facebook :
@Pa Lumajang

Instagram :
@pengadilanagamalumajang

Youtube :
@Pengadilan Agama Lumajang

Tautan Aplikasi